BLC

GUYUB DHALANG SURAKARTA GELAR WAYANGAN DI SRAGEN

Created:

SRAGEN-Dalam rangka mengisi kegiatan bulan Ramadhan 1428 H, para dhalang yang tergabung GUYUB DHALANG SURAKARTA akan mengadakan safari budaya pagelaran wayang kulit Th. 2007 di tujuh daerah, yaitu Solo, Karanganyar, Sragen, Wonogiri, Klaten, Boyolali, Grobogan dan serta satu daerah di Jawa Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 15 September 2007, secara bergiliran di daerah ­daerah tersebut.

Menurut Ketua Guyub Dhalang Surakarta GPH Benowo, safari budaya Romadhon 1428 / 2007 ini merupakan kegiatan rutin Guyub Dhalang Surakarta yang dilaksanakan setiap bulan Romadhon. Untuk bulan Romadhon 1428 H ini merupakan kegiatan yang keempat kalinya.

GPH Benowo menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengisi waktu luang karena para dalang libur pentas sebulan penuh selama bulan Romadhon. Dengan demikan dalam bulan yang penuh berkah ini para dalang dapat berkarya sekaligus memberikan contoh kerukunan kepada masyarakat luas.

Tambah GPH Benowo, berbeda dengan pagelaran wayang kulit pada umumnya \'Safari Budaya Wayang Kulit 2007\' ini adalah pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang menampilkan para dalang dan pangrawit profesional dari Solo, Boyolali, Sukoharjo, karanganyar,Wonogiri, Sragen, Klaten dan Semarang.

Beberapa dalang kondang yang mendukung Safari Budaya Wayang Kulit 2007 ini , antara l ain : Ki. H. Anom Soeroto Solo), Ki. Manteb. Sudarsono(karanganyar), Ki. Sayoko Gondosaputro(Klaten), Ki. Purbo. Asmoro dan Ki. Ir. H. Warseno (Solo), Ki. Maryono (Sukoharjo, Ki. Suryanto Purbo Carito ( Boyolali), Ki. Susilo Tengkleng (Boyolali), Ki. Medhot Darsono (Sragen) Ki. Widodo Wilis Prabowo (Wonogiri) dll.

Sementara untuk wiraswara/swarawati terdapat nama ­nama Giarto, Budi sutopo, Nyi Rosiati, Nyi Harjutri. Selain itu juga didukung pelawak kondang Muh. Syakirun (Kirun) dan Sandirono.

Untuk Kabupaten Sragen Safari budaya Wayang Kulit tersebut akan dilaksanakan hari ini, Senin, 8 Oktober 2007 bertempat di Alun ­alun Sasono Langen Putro. Pentas yang digelar mulai pukul 20.00 WIB tersebut akan mengambil lakon “Bimo Krido ”.

Sumber/Foto : Humas